(+62 31) 568 1315 marketing@sanspower.com

Solar Article

15
Okt

Pesawat Luar Angkasa ‘Juno” Bertenaga Surya Milik NASA Telah Memecahkan Rekor

NASA telah mengirimkan pesawat luar angkasanya yang dinamai ‘JUNO’ ke planet Jupiter pada hari Rabu tepatnya tanggal 13 Januari 2016. Pesawat luar angkasa JUNO yang dirancang bertenaga surya ini membuat NASA memecahkan rekor baru sebagai pesawat luar angkasa bertenaga surya yang jaraknya paling jauh, sekitar 493 juta mil (793.000.000 kilometer) dari matahari.

Pict by: jpl.nasa.gov

Sebelumnya yang memegang rekor pesawat luar angkasa bertenaga surya adalah pesawat luar angkasa Rosetta milik Badan Antariksa Eropa, yang jaraknya 492 juta mil (792 juta kilometer) pada Oktober 2012, yang digunakan untuk mendekati komet 67P / Churyumov-Gerasimenko.

Pict by: jpl.nasa.gov

“Juno adalah sebuah teknologi yang dapat membantu kita belajar mengenai asal usul makhluk hidup”, kata Scott Bolton seorang peneliti utama pesawat luar angkasa Juno di Southwest Research Institute yang berada di San Antonio. “Kami menggunakan setiap teknik yang terkenal untuk melihat melalui awan Jupiter dan mengungkapkan rahasia Jupiter yang merupakan planet di tata surya kita sejak awal. Sepertinya benar bahwa matahari telah membantu kita belajar tentang asal-usul Jupiter dan planet-planet lainnya yang mengorbit itu.”

Diluncurkan pada 2011, Juno adalah pesawat ruang angkasa bertenaga surya pertama yang dirancang untuk beroperasi di jarak yang sangat jauh dari matahari. Itu sebabnya luas permukaan panel surya yang diperlukan untuk menghasilkan daya yang memadai cukup besar. Panel surya yang dibutuhkan sebesar empat ton dengan panjang 30 kaki (9 meter) dan masing-masing panel surya berisi 18.698 sel. Apabila dihitung dari jarak bumi ke matahari, maka setiap sel berpotensi menghasilkan sekitar 14 kilowatt listrik. Tapi berhubung pesawat luar angkasa ini berbentuk persegi panjang yang terbuat dari silikon dan galium arsenide dan jaraknya lima kali lebih jauh maka potensi listrik yang dihasilkan pasti berbeda.

“Jupiter merupakan planet yang jaraknya lima kali lebih jauh dari matahari dibandingkan bumi, dan sinar matahari yang diperoleh 25 kali lebih sedikit” kata Rick Nybakken, manajer proyek Juno dari NASA Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California. “Sementara susunan surya kita hanya akan menghasilkan 500 watt ketika berada di Jupiter, Juno diracang sangat efisien, dan hal itu akan lebih dari cukup untuk mengoptimalkan fungsinya”.

Pict by: herox.com

Sebelum Juno, ada delapan pesawat ruang angkasa telah diorbitkan lebih jauh dari Jupiter, namun semuanya menggunakan sumber tenaga nuklir untuk mengoptimalkan fungsinya. Tenaga surya pada desain pembuatan dapat menghindari bayangan Jupiter dan orbit polar yang meminimalkan total radiasi. Jarak maksimum Juno dari matahari selama misi 16 bulan, sekitar 517 juta mil (832.000.000 kilometer) dan terdapat peningkatan hampir lima persen untuk kendaraan ruang angkasa bertenaga surya yang tercatat.

Juno tiba di Jupiter pada tanggal 4 Juli tahun ini. Selama setahun kedepan pesawat ruang angkasa ini akan mengorbit dunia Jovian 33 kali, meluncur sedalam 3.100 mil (5.000 kilometer) di atas puncak awan planet Jupiter setiap 14 hari. Selama melintasi, Juno akan menyelidiki di bawah penutup awan Jupiter dan mempelajari aurora Jupiter untuk mempelajari lebih lanjut tentang asal planet, struktur, suasana dan magnetosfer.

Sumber: www.jpl.nasa.gov

Leave a Reply

You are donating to : Greennature Foundation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
paypalstripe
Loading...
Ambassador

CARA MEMULAI LANGKAH KECILMU YANG SANGAT BERARTI

menjadi ambassador

Isi form sebagai pernyataan kamu telah ikut
menjadi penggerak perubahan menuju bumi yang lebih baik

menjadi ammbasador 2

Terima kasih kamu sudah menjadi bagian dalam program ini.
Langkah kecilmu sangat bermanfaat untuk
kehidupan saudara lain yang membutuhkan.

ammbassador

Kami akan mengirimkan konfirmasi melalui email
setelah donasi yang kamu berikan berhasil kami terima.

JOIN NOW

×
Inspirator

CARA MEMULAI LANGKAH KECILMU MENJADI INSPIRATOR

 

menjadi inspiratorTerlebih dahulu kamu harus login atau register account
di website kami,

 

pop up-05

Masuk ke menu Area, lalu pilih konten Campaign,
antara lain Solar Card, Solar Motion,
Solar Idea dan Artikel yang kamu suka.

shareShare konten Campaign pilihanmu ke media sosialmu
dan ajak juga temanmu untuk gabung di program ini.

×
Loading...