(+62 31) 568 1315 marketing@sanspower.com

Solar Article

04
Okt

Bandara Pertama Yang Menggunakan Energi Matahari

Pict by: liputan6.com

Memanfaatkan energi matahari merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan setiap orang dalam meminimalisir penggunaan sumber daya alam yang sulit diperbaruhi. Hal ini juga yang sedang dilakukan oleh Negara India. Di tengah-tengah maraknya pembicaraan mengenai Global Warming akhir-akhir ini, Pemerintahan Negara India membuat sebuah bandara yang 100% pasokan listriknya berasal dari tenaga surya.

Bandara Internasional yang bernama Cochin Airport ini merupakan bandara yang terletak di Cochin, kota selatan India bagian Kerala. Dan bandara ini telah diresmikan oleh pemerintah lokal pada Selasa (25/8) serta diklaim sebagai bandara pertama yang menggunakan tenaga surya sebagai pasokan listriknya di dunia.

Sebagai bandara keempat dengan jumlah penumpang terbanyak di India, Cochin Airport memasang sebanyak 46.150 panel surya di sebidang tanah dengan ukuran sekitar 45 are (18.000 hektar) yang berdekatan dengan lokasi kargo bandara.

Bandara ini pertama kali memasang panel surya pada 2013 di salah satu atap terminal bandara. Langkah ini kemudian diikuti dengan memasang panel-panel lain di beberapa tempat lainnya. Hingga pada akhirnya muncullah kebun panel surya yang bisa menghasilkan total energi 12 MW.

Pict by: gadgetren.com

Para insinyur yang merancang panel surya di Cochin Airport mengatakan bahwa ada sekitar 50.000 hingga 60.000 unit listrik yang disuplai setiap hari. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan listrik yang diperlukan hanya sekitar 48.000 unit per-harinya. Dan apabila bandara ini kelebihan energi yang didapat dari matahari maka energi tersebut akan dijual ke Kerala State Electricity Board.

Oleh pejabat setempat, proyek ini diklaim akan memiliki efek jangka panjang. Sementara perusahaan induk bandara, Cochin International Airport Limited berharap fasilitas panel surya ini bisa mengurangi 300 ribu ton emisi karbon yang setara dengan tidak berkendara dengan kendaraan bermotor sejauh 1.2 miliar km atau menanam 3 juta pohon selama 25 tahun ke depan.

Dengan adanya bandara Cochin ini diharapkan bisa menjadi contoh dan panutan bagi semua bandara yang ada, sehingga bisa meminimalisir Global Warming dan menjaga sumber daya alam yang sulit diperbaruhi seperti fosil dan batu bara.

Leave a Reply

You are donating to : Greennature Foundation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
paypalstripe
Loading...
Ambassador

CARA MEMULAI LANGKAH KECILMU YANG SANGAT BERARTI

menjadi ambassador

Isi form sebagai pernyataan kamu telah ikut
menjadi penggerak perubahan menuju bumi yang lebih baik

menjadi ammbasador 2

Terima kasih kamu sudah menjadi bagian dalam program ini.
Langkah kecilmu sangat bermanfaat untuk
kehidupan saudara lain yang membutuhkan.

ammbassador

Kami akan mengirimkan konfirmasi melalui email
setelah donasi yang kamu berikan berhasil kami terima.

JOIN NOW

×
Inspirator

CARA MEMULAI LANGKAH KECILMU MENJADI INSPIRATOR

 

menjadi inspiratorTerlebih dahulu kamu harus login atau register account
di website kami,

 

pop up-05

Masuk ke menu Area, lalu pilih konten Campaign,
antara lain Solar Card, Solar Motion,
Solar Idea dan Artikel yang kamu suka.

shareShare konten Campaign pilihanmu ke media sosialmu
dan ajak juga temanmu untuk gabung di program ini.

×
Loading...