(+62 31) 568 1315 marketing@sanspower.com

Solar Article

26
Sep

2 Pencetus Perubahan Energi Surya di Desa Cile

CASPANA, Chili, 2 September 2015 (IPS) – Liliana dan Luisa Terán, dua perempuan adat dari Cile utara yang melakukan perjalanan ke India untuk pelatihan dalam memasang panel surya, tidak hanya mengubah masa depan mereka sendiri tetapi juga untuk desanya Caspana, yaitu sebuah desa terpencil yang terletak di lembah gurun Atacama.

Pict by: ipsnews.net

Liliana Terán mengatakan kepada IPS, bahwa “Sulit bagi orang untuk menerima apa yang kita pelajari di India”. Ia juga menambahkan pernyataanya, bahwa “Awalnya mereka menolak, karena kita perempuan. Tapi mereka secara bertahap merasakan keantusiasan, dan sekarang mereka menghormati kami”.

Sepupunya, Luisa, juga mengatakan bahwa sebelum mereka melakukan perjalanan ke Asia, ada lebih dari 200 orang yang tertarik pada energi surya di desa. Tapi ketika mereka mengetahui bahwa Liliana dan Luisa lah yang akan menginstal dan memelihara panel surya dan baterai, daftar orang berkurang menjadi hanya 30.
Luisa juga berkata bahwa di desanya terdapat tetua desa yang masih menyepelekan kaum perempuan dan semua keputusan harus melewati persetujuan dewan tetua tersebut.

Luisa yang berusia 43 tahun merupakan pelatih olahraga dan merupakan ibu tunggal dari anak angkatnya. Dia memiliki sebuah peternakan kecil dan ia berprofesi sebagai pengrajin wanita yang membuat replika lukisan batu. Setelah lulus dari sekolah menengah di Calama, ibukota kotamadya yang terletak 85 km dari desanya, dia mengambil beberapa kursus. Salah satu khursus yang diikutinya, yaitu belajar ilmu atau seni menjadi guru (pedagogi).

Sedangkan Liliana meruapakan wanita yang berusia 45 tahun. Ia adalah seorang ibu bagi empat anaknya dan telah menjadi seorang nenek bagi empat cucunya. Dia bekerja di peternakan keluarganya dan membersihkan tempat penampungan desa. Liliana juga menyelesaikan sekolah menengah dan telah mengambil kursus pada bidang pariwisata karena dia percaya itu adalah kegiatan melengkapi pertanian yang dapat membantu mengurangi warga yang ingin keluar desa. Sebab, setidaknya ada 10 keluarga setiap tahunnya yang keluar desa untuk menyekolahkan anaknya atau mencari pekerjaan bagi para pemuda.

Hingga tahun 2013, desa ini hanya memiliki satu generator listrik yang memberikan setiap rumah pencahayaan hanya dua setengah jam di malam hari. Yang sering terjadi apabila generator rusak, maka desa akan menjadi gelap.
Saat ini generator hanya memiliki sistem back-up untuk 127 rumah yang memiliki pasokan listrik secara penuh selama tiga jam perhari berkat panel surya yang dipasang oleh dua sepupu ini. Setiap rumah di desa ini memiliki 12 volt solar panel, baterai 12 volt, lampu LED 4 amp, dan kotak kontrol 8 amp.

Leave a Reply

You are donating to : Greennature Foundation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
paypalstripe
Loading...
Ambassador

CARA MEMULAI LANGKAH KECILMU YANG SANGAT BERARTI

menjadi ambassador

Isi form sebagai pernyataan kamu telah ikut
menjadi penggerak perubahan menuju bumi yang lebih baik

menjadi ammbasador 2

Terima kasih kamu sudah menjadi bagian dalam program ini.
Langkah kecilmu sangat bermanfaat untuk
kehidupan saudara lain yang membutuhkan.

ammbassador

Kami akan mengirimkan konfirmasi melalui email
setelah donasi yang kamu berikan berhasil kami terima.

JOIN NOW

×
Inspirator

CARA MEMULAI LANGKAH KECILMU MENJADI INSPIRATOR

 

menjadi inspiratorTerlebih dahulu kamu harus login atau register account
di website kami,

 

pop up-05

Masuk ke menu Area, lalu pilih konten Campaign,
antara lain Solar Card, Solar Motion,
Solar Idea dan Artikel yang kamu suka.

shareShare konten Campaign pilihanmu ke media sosialmu
dan ajak juga temanmu untuk gabung di program ini.

×
Loading...